1. Teori Belajar Behaviorisme
Mrenurut teori ini belajar adalah perubahan tingkah laku, seorang dikatakan belajar apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Menurut teori ini yang terpenting adalah masukan/input yang berupa stimulus (yang diberikan guru) dan keluaran output yang diharapkan berupa respon
2. Teori Belajar J. Bruner
Menurut J. Bruner belajar tidak untuk mengubah tingkah laku seseorang, tetapi belajar lebih kepada dapat merubah sistem pembelajaran/kurikulum sekolah agar menjadi lebih baik sehingga siswa dapat lebih mudah untuk belajar. Dalam proses belajar sangat dilibatkan lingkungan, dimana lingkungan dapat melakukan eksplorasi penemuan-penemuan baru yang belum dikenal. Dalam proses belajar seorang guru perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
- Mengarahkan siswa untuk berparisipasi akttif, serta meningkatkan minat belajar siswa
- Menganalisis materi yang akan diajarkan oleh guru kepada siswa
- Membimbing siswa dengan urutan-urutan pernyataan-pernyataan dari sebuah masalah yang diperoleh
- Memberi umpan balik yang positif kepada siswa.
Menurut Gagne ada dua pengertian belajar yang dapat didefinisikan sebagai berikut :
a) Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan dan tingkah laku.
b) Belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari instrusi.
No comments:
Post a Comment